Cita cita saya yang ke 3, setelah Photographer dan Design Interior ya jadi Assistant Director.

Banyak yang nggak percaya  dan bertanya kenapa saya “cuma” mau jadi Asisten Sutradara, dan kemudian saya balik tanya, “apa ada yang salah dengan cita cita saya?”

Saya tahu, banyak orang memakai profesi “Astrada” untuk sebuah batu loncatan menjadi seorang “Sutradara”But not for me….that is for sure!

Buat saya, sama seperti profesi profesi yang lain di dunia “pershootingan”,  Menjadi “Astrada” juga punya punya tantangan sendiri. Harus Punya Keahlian sendiri yang mungkin nggak dimiliki sama orang lain. Itu buat saya ya, dan saya nggak memaksakan opini saya ini ke orang lain.

189201_194332253922080_6096792_n

“Loe kapan mau pegang sendiri?”

“Kapan naik  jadi Sutradara?”

pertanyaan itu seriiiing sekali ditujukan ke saya, dan pasti akan saya jawab

“enggak mau jadi Sutradara, saya mau jadi Astrada Profesional”

Dan sering mereka yang mendengar jawaban itu, berkomentar

“Lah, gimana sih? kok maunya jadi Astrada terus?”

“Loh, gimana sih mikirnya deas?”

Akhirnya saya memberanikan diri menemui salah satu Sutradara terbaik yang Indonesia punya (*nggak jilat sumpah)

lalu saya tanya, apa ada yang salah dengan cita cita saya ?

Thank God,  Jawaban dia cukup menenangkan hati saya…hahahha…

dia bilang “Astrada itu sebuah profesi, Deasy. jadi nggak ada yang salah dengan pilihan kamu. kalau kamu lihat, di luar banyak sekali Astrada yang sudah tua umurnya, mereka shooting puluhan tahun dan tetap jadi Astrada, karena itu pilihan mereka, dan Astrada benar benar satu profesi yang di akui”

naaaaahhhh… see? so, buat teman teman yang masih suka bilang ini ke saya “laaah, cukup cuma mau jadi Astrada aja? kapan naik kelasnya?”, please, stop saying that to me. Assistant Director is my Profession and i am proud of that.

Saya Pernah baca sebuah Web, isinya tentang hmmm kurang lebih “How to be a good Assistant Director”

Saya kutip sedikit ya, begini :

Being an assistant director is not easy work and mistakes can be made. Making mistakes is a part of the job but that being said; learning from your mistakes is one of the most important parts of any job. Everyone makes mistakes but not everyone owns them, be the kind of person that owns up to a mistake and then don’t do it again”

ini link nya: http://howtofilmschool.com/assistant-director-mistakes/

“BEING AN ASSISTANT DIRECTOR IS NOT AN EASY WORK, AND MAKING MISTAKES IS PART OF THE JOB BUT THAT BEING SAID; LEARNING FROM OUR MISTAKES IS ONE OF THE MOST IMPORTANT PARTS OF ANY JOB”

Saya yakin, kalau nggak semua orang bisa jadi Astrada. Memang nggak ada penghargaan untuk “Astrada Terbaik” but i still love my Job anyway

405442_10150491005798500_2051562278_n

Leave a Reply

